MENGENAL JURUSAN IAT 2015

  1. VISI MISI IAIN

Visi

Visi IAIN Salatiga adalah:

Tahun 2030 Menjadi Rujukan Studi  Islam-Indonesia  bagi Terwujudnya Masyarakat Damai Bermartabat

Misi

Misi IAIN Salatiga adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai disiplin ilmu keislaman berbasis pada nilai-nilai keindonesiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam berbagai disiplin ilmu keislaman bagi penguatan nilai-nilai keindonesiaan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset bagi penguatan nilai-nilai Islam keindonesiaan.
  4. Mengembangkan budaya masyarakat kampus yang mencerminkan nilai-nilai Islam-Indonesia.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan tinggi yang profesional dan akuntabel.

Tujuan

Tujuan IAIN Salatiga adalah:

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk  kepentingan bangsa;
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi yang berbasis ilmu keislaman untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing Bangsa;
  3. Menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai keislaman agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia;
  4. Mewujudkan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis ilmu keislaman dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka mewujudkan masyarakat damai bermartabat.
  5. VISI MISI FAKULTAS

VISI

Unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Ushuluddin, Adab, dan Humaniora secara integratif dan interkonektif untuk kemajuan masyarakat damai bermartabat.

 MISI

  • Mengembangkan Pendidikan dan Pengajaran dalam bidang ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora yang berwawasan keindonesiaan dan kemanusiaan.
  • Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  • Meningkatkan peran serta Jurusan dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora bagi terwujudnya masyarakat yang damai dan bermartabat.
  • Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang Ushuluddin Adab, dan Humaniora.
  • Melaksanakan manajemen kelembagaan dengan tingkat akuntabilitas dan realibilitas yang tinggi.
  • Melakukan pembinaan sumber daya manusia dengan mutu yang integral (keilmuan-keislaman-moralitas-terampil) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

TUJUAN

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan bidang ilmu-ilmu pokok agama dengan kekhususan Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu AlQuran dan Tafsir, Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Hadits dan filsafat agama untuk merespon berbagai perubahan sosial keagamaan di masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan bidang ilmu-ilmu pokok agama untuk merespon berbagai perubahan sosial keagamaan di masyarakat.
  • Merumuskan pemikiran-pemikiran Islam baru yang memiliki tingkat relevansi dengan perubahan dan perkembangan sosial keagamaan di era modern.

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang ilmu-ilmu keislaman.

 

  1. VISI MISI JURUSAN IAT
  2. Visi :

Menjadi penyelenggara proses pendidikan tinggi di bidang al-Qur’an dan Tafsir yang berkualitas dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah dan berkarakter Indonesia.

  1. Misi :
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada pengkajian, penguasaan, dan pengembangan studi Islam dalam bidang Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang berbasis riset dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah dan berkarakter Indonesia.
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk mendukung proses belajar mengajar dan pengkajian bidang Ilmu Al Qur’an Tafsir serta pengembangannya sesuai dengan nilai-nilai toleransi dan semangat keanekaragaman Indonesia.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan sejumlah pihak terkait dalam rangka memasyarakatkan kajian ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang berpihak kepada nilai-nilai toleransi dan kebinekaan Indonesia guna menyelesaikan problem-problem sosial kemasyarakatan.
  5. Tujuan :
  6. Menyiapkan tenaga ahli yang mempunyai kemampuan akademik dan professional dalam bidang Al Qur’an dan Tafsir yang berbasis riset dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah dan berkarakter Indonesia.
  7. Menyiapkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kajian Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang berkarakter toleran, kaffah dan memahmi kebinekaan Indonesia.
Tersimpan di Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*