Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)

Terakreditasi

Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Salatiga menyiapkan tenaga ahli yang berkemampuan akademik dan professional dalam bidang Al-Qur’an dan Tafsir yang berbasis kepada riset berkualitas dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah, berkarakter nilai-nilai toleransi dan kebhinekaan Indonesia.

Prospek lulusan Jur. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir :

Pengajar, peneliti, penulis karya tafsir, penerjemah, pengelola kepustakaan Islam manual maupun online, dan jurnalis yang membutuhkan penguasaan bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Visi :

“Menjadi Program Studi Rujukan Ilmu al-Quran dan Tafsir di Indonesia dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah, dan berkarakter Indonesia demi terwujudnya Masyarakat Damai Bermartabat pada tahun 2025.”

Kejelasan visi tersebut dapat dilihat dari hal-hal berikut:

  1. Kejelasan sasaran yang ingin diwujudkan yaitu menjadi program studi rujukan dibidang ilmu al-Quran dan Tafsir.
  2. Kejelasan sasaran lulusan yaitu profesional dibidang penafsiran al-Quran.
  3. Kejelasan jangka waktu yaitu tahun 2025, sehingga memudahkan untuk mengukurnya.
  4. Jelas kesesuaiannya dengan visi Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
  5. Jelas kesesuaiannya dengan kondisi keIndonesiaan.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada pengkajian, penguasaan, dan pengembangan studi Islam dalam bidang Ilmu Al Qur’an danTafsir dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah dan berkarakter Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mendukung proses belajar rmengajar dan pengkajian bidang Ilmu Al Qur’an Tafsir serta pengembangannya sesuai dengan nilai-nilai toleransi dan semangat keberagaman
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka memasyarakatkan kajian Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang berpihak kepada nilai-nilai toleransi dan kebhinnekaan Indonesia guna menyelesaikan problem-problem sosial kemasyarakatan.

 

Tujuan

  1. Menyiapkan tenaga ahli yang mempunyai kemampuan akademik dan professional dalam bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dalam rangka menyemai penafsiran yang toleran, kaffah dan berkarakter Indonesia.
  2. Menyiapkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kajian Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang berkarakter toleran, kaffah dan memahami kebhinnekaan Indonesia.
  3. Menyiapkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu al-Qur’an dan tafsir.
  4. Menyiapkan lulusan untuk menjadi praktisi dan analis di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir serta mampu menerapkan teori- teori Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.
  5. Menghasilkan riset di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, sehingga menambah kemajuan dunia Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.
  6. Menjadi salah satu program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir rujukan bagi calon mahasiswa di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*