Jurusan Ilmu Hadis (IH)

Jurusan Ilmu Hadis (IH) merupakan jurusan baru di lingkungan PTAIN/PTAI yang didesain khusus mempersiapkan tenaga ahli di bidang riset hadis dan ilmu hadis. Kurikulum JUrusan Imu Hadis di tunjang materi kuliah metodologi penelitian hadis, ilmu takhrijul hadis, manahijul muhaddisin, siroh nabawiyah, tahfidz hadis, ulumul hadis, ilmu maanil hadis, ilmu rajalil hadis, kajian teks hadis, ilmu jarh wa ta’dil, qowadul hadis, dll. Dilengkapi kuliah profesi seperti hadis ibadah muamalah, hadis sufistik, hadis sosial-politik, hadis lingkungan hidup, dan hadis sains.

Prospek lulusan Program Studi Ilmu Hadis (IH) :

Pengajar, peneliti, penulis karya tafsir hadis, pengelola kepustakaan Islam manual maupun online, dan jurnalis yang membutuhkan penguasan di bidang hadis dan keilmuan hadis.

 

VISI MISI PROGRAM STUDI ILMU HADIS

VISI

Pada tahun 2025 menjadi rujukan studi Hadis yang komprehensif untuk mewujudkan pemahaman moderat dan berwawasan keindonesiaan demi terciptanya masyarakat damai bermartabat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam kajian Hadis yang terintegrasi dengan ilmu-ilmu sosial humaniora dalam rangka menciptakan pemahaman moderat dan keindonesiaan.
  2. Menyelenggarakan program studi sebagai centre of research ilmu hadis dalam rangka membentuk agents of social change yang peduli terhadap kearifan budaya Indonesia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membumikan pemahaman hadis yang kontekstual.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompeten, moderat dan siap mengelola kearifan budaya masyarakat Islam Indonesia.