Visi Misi

VISI IAIN SALATIGA

Tahun 2030 menjadi rujukan studi Islam-Indonesia bagi terwujudnya masyarakat damai bermartabat

VISI

Pada Tahun 2030 menjadi pusat unggulan dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Ushuluddin, Adab, dan Humaniora secara integratif dan interkonektif untuk kemajuan masyarakat damai bermartabat.

 MISI

  • Mengembangkan Pendidikan dan Pengajaran dalam bidang ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora yang berwawasan keindonesiaan dan kemanusiaan.
  • Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  • Meningkatkan peran serta Jurusan dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora bagi terwujudnya masyarakat yang damai dan bermartabat.
  • Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang Ushuluddin Adab, dan Humaniora.
  • Melaksanakan manajemen kelembagaan dengan tingkat akuntabilitas dan realibilitas yang tinggi.
  • Melakukan pembinaan sumber daya manusia dengan mutu yang integral (keilmuan-keislaman-moralitas-terampil) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

TUJUAN

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan bidang ilmu-ilmu pokok agama dengan kekhususan Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu AlQuran dan Tafsir, Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Hadits dan filsafat agama untuk merespon berbagai perubahan sosial keagamaan di masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan bidang ilmu-ilmu pokok agama untuk merespon berbagai perubahan sosial keagamaan di masyarakat.
  • Merumuskan pemikiran-pemikiran Islam baru yang memiliki tingkat relevansi dengan perubahan dan perkembangan sosial keagamaan di era modern.
  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang ilmu-ilmu keislaman.

 

SASARAN

  • Pengembangan kelembagaan dan tata kelola yang diorientasikan kepada pelayanan civitas akademika.
  • Pembinaan Sumber Daya Manusia.
  • Penyusunan Team Khusus Rekruitmen Mahasiswa
  • Merumuskan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif.
  • Mengembangkan Laboratorium dan perpustakaan Fakultas yang memenuhi kebutuhan civitas akademika.
  • Menghasilkan penelitian-penelitian yang merespons berbagai fenomena keagamaan di masyarakat.
  • Menyelenggarakan program unggulan pada masing-masing jurusan yang memiliki karakterisitik khusus dan memiliki academic distinctive
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat berupa pembinaan desa-desa tertinggal.
  • Mengoptimalkan peranan alumni.
  • Membuka peluang kerja sama dengan lembaga luar seluas-
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan ilmu-ilmu keislaman berbasiskan ilmu Ushuluddin Adab, dan Humaniora, juga mengupayakan penerapannya untuk mewujudkan tatanan sosial dan keagamaan yang harmonis di masyarakat.

PROGRAM PENINGKATAN MUTU JURUSAN SELAMA EMPAT TAHUN.

            Program Jurusan-jurusan di Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora bertekad menghasilkan Sarjana yang mampu menerapkan keilmuan dan keahliannya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai intelektualitas, profesionalitas dan spiritualitas. Strategi yang dikembangkan untuk mencapai keberhasilan adalah dengan mengoptimalkan sumber daya internal yang ada dan menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang terkait. Fakultas dan Jurusan mengoptimalkan pembentukan sarana prasarana yang baik seperti dibawah ini:

  • Ruang Laboratorium Agama [Masjid Kampus 2]
  • Ruang Laboratorium Sejarah dan Naskah
  • Ruang Laboratorium Al-Quran dan Hadits [digital dan non digital]
  • Jurnal
  • Penyusunan Buku Pedoman Akademik Fakultas
  • Penyusunan Pedoman Penulisan Skripsi
  • Evaluasi Silabus dan SAP
  • Penyusunan Pedoman dan Pelaksanaan Praktikum Mahasiswa
  • Penataan organisasi dan kode etik kemahasiswaan
  • Merumuskan dan melakukan upaya perolehan Double Degree

      Jurusan dapat menyusun perencanaan operasional berupa rencana tahunan dan rencana semester. Rencana tahunan memuat program dan kegiatan selama satu tahun akademik. Begitu juga rencana semester untuk satu semester. Jurusan secara kelembagaan dijadikan sebagai media interaksi edukatif  dengan memberi tempat yang terbaik berupa ruang kuliah, ruang diskusi, auditorium, dan sebagainya yang tertata:

  1. Selalu tampil bersih, layak, dan nyaman untuk belajar.
  2. Menjadi tempat pertemuan ilmiah di mana dosen, mahasiswa dan seluruh civitas saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
  3. Menjadi tempat berlatih berinteraksi secara cerdas.
  4. Menjadikan perpustakaan sebagai jantung Jurusan, menambah jumlah literatur, mengusahakan informasi ilmiah baru yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen.
  5. Menjadikan laboratorium sebagai Pusat kegiatan yang secara terus-menerus diperbaiki dan dimodernisasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang ada. Dan untuk itu Jurusan terus berbenah diri dalam meningkatkan dan memaksimalkan penyelenggaraan laboratorium di segala aspeknya, terutama pada: laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium AlQuran, laboratorium Sejarah dan Naskah.

PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS, KREATIVITAS, PRESTASI, DAN AKHLAK MULIA CIVITAS AKADEMIKA

            Kepemimpinan pada Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora lebih diarahkan kepada Academic Leader,  artinya upaya-upaya kepemimpinan ditujukan pada peningkatan suasana dan peningkatan mutu akademik, kreativitas, prestasi, dan akhlak mulia. Concern ketua–ketua Jurusan ditujukan pada upaya peningkatan mutu perkuliahan, meningkatkan produktivitas dosen dalam menghasilkan karya ilmiah,  meningkatkan semangat belajar mahasiswa, perolehan prestasi pada ajang regional dan nasional serta menjaga silaturahim agar ukhuwah tetap terpelihara serta menjaga moralitas civitas akademika.

PROGRAM PENCIPTAAN SUASANA LINGKUNGAN KAMPUS YANG ISLAMI, ILMIAH DAN ASRI

Kepemimpinan di Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora secara kolegial harus efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam Jurusan dan program studi, mengikuti nilai islami, norma ilmiah, etika akademik, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi kedepan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan sumber daya manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi civitas akademik untuk mewujudkan visi Fakultas dan Jurusan, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam lingkup kerja dan kewenangannya.

PROGRAM PELAKSANAAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS.

     Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora merupakan bagian dari organisasi kelembagaan IAIN Salatiga. Dalam struktur organisasi, membawahi berbagai macam Jurusan dan program studi yang harus terkoordinir secara baik. Dengan demikian Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora merupakan jalur konsultasi vertikal baik ke atas maupun ke bawah yang secara langsung terkait dengan berbagai kebijakan yang diambil. Fakultas Ushuluddin Adab, dan Humaniora juga membawahi dosen-dosen yang berada di bawah naungannya, yang berjumlah puluhan orang. Melalui Jurusan dan Program studi mengkoordinasikan tugas dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing dosen agar dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik dan mengupayakan pembagian kerja secara proporsional dan profesional. Dosen-dosen secara struktural harus mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Ketua Jurusan dan Program Studi, juga harus mempertanggung jawabkan segala kegiatannya kepada Dekan. Pertanggung jawaban pelaksanaan berbagai kegiatan akademik di Jurusan disampaikan setiap tahun pada rapat kordinasi yang diselenggarakan oleh Faklutas.  Sedangkan, pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dosen dilakukan melalui rapat kordinasi yang diselenggarakan oleh Jurusan dan program studi. Dalam rapat-rapat kordinasi tersebut sekaligus dilakukan evaluasi atas pelaksanaan program-program kegiatan, serta  perancanaan kegiatan pada tahun berikutnya.  Pengawasan yang dilaksanakan ditujukan agar semua program dapat terlaksana dengan baik serta menghasilkan output yang berkualitas.  Selain itu,  pengawasan yang dilaksanakan juga merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu yang tidak dapat dipisahkan dari siklus manajemen kelembagaan.

Salatiga, 1 April 2015

Dekan

                                                                                                Benny Ridwan

                                                                                                NIP. 197305201999031006

Tersimpan di Post_Biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*