LIPUTAN ACARA PELATIHAN KALIGRAFI

 

Pada hari Rabu 4 April 2018, Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUADAH) IAIN Salatiga mengadakan Latihan Kaligrafi Bersama Mas Amien. Acara yang diadakan di Aula Kampus II IAIN Salatiga ini bertajuk “Mengembangkan Kreativitas Melalui Seni Kaligrafi.”

 

Acara tersebut langsung dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas, Dr.Benny Ridwan, M.Hum. dan diikuti oleh sekitar 130 orang peserta yang berasal dari mahasiswa di lingkungan FUADAH dan fakultas lain. Selain itu, acara ini dihadiri pula oleh siswa-siswa SMA dan Madrasah Aliyah di Salatiga dan sekitarnya.

 

Acara pelatihan ini menghadirkan maestro kaligrafi tingkat nasional yaitu Mas Amien Salatiga. Beliau pernah terlibat aktif dalam penulisan Mushaf Akbar Indonesia dalam pagelaran Festival Istiqlal yang diadakan pada medio 2017 lalu. Dalam pengantarnya, Mas Amien memberi motivasi bagi para peserta untuk menumbuhkan rasa cinta pada ilmu kaligrafi. Selain itu, Mas Amien juga mendorong peserta untuk masing masing menemukan style kaligrafi sendiri dan tidak hanya menjadi peniru atau penjiplak gaya kaligrafi yang sudah ada.

 

Setelah mendengarkan kata pengantar dan motivasi, para peserta langsung menuangkan kreativitas mereka di atas kanvas dengan arahan langsung dari Mas Amien. Di sela-sela latihan, Mas Amien menekankan pentingnya akurasi dan kesamaan pesan asli dengan  pesan yang akan disampaikan oleh sang kaligrafer. Total karya yang dihasilkan mencapai 30 buah dengan berbagai gaya kaligrafi. Setelah selesai latihan, para peserta melakukan sesi foto bersama.

Animo masyarakat dalam mengikuti dalam acara ini sangat besar, hal ini terlihat dari jumlah peserta yang jauh melebihi kuota yang disediakan panitia. Besar harapan agar acara serupa bisa diadakan kembali di kemudian hari. Panitia penyelenggara dan seluruh civitas akademika FUADAH berharap acara ini dapat menumbuhkan bibit-bibit muda yang berkembang menjadi kaligrafer profesional di kemudian hari.

Tersimpan di Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*