MAHASISWA DAN DOSEN SPI MENGIKUTI SEMINAR INTERNASIONAL

Adif fahrizal, dosen SPI dan Reno Saputra, Mahasiswa SPI presentasi

22-23 November 2017, Mahasiswa dan Dosen SPI Mengikuti Konferensi Internasional Dinamika Hadramaut di Indonesia bertempat di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Konferensi yang terselenggara berkat kerjasama LIPI, Menara Center for Indonesian Arab Studies, Puslitbang Kementrian Agama Republik Indonesia, dan Hadhramaut Center for History and Culture Documentation ini membahas mengenai,dinamika serta eksistensi orang-orang Hadramaut di Indonesia. Acara dimulai pada hari Selasa, 22 November 2017 diawali dengan sambutan perwakilan pihak penyelenggara dan duta besar beberapa negara Arab di Indonesia. Pembukaan ditandai dengan penabuhan gong oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Setelah rangkaian acara pembukaan selesai kemudian dilanjutkan denganĀ  acara inti yaitu diskusi panel yang menghadirkan 25 pemakalah dari 8 negara yaitu Indonesia, Yaman, Malaysia, Uni Emirat Arab, Oman, Qatar, Amerika Serikat, dan Jepang.

Diskusi panel dimulai pada Selasa, 22 November 2017 dengan 4 presentator serta satu orang panelis yanitu Prof. Azyumardi Azra (UIN Syarif Hidayatullah) dan didampingi moderator, Dr. Najib Burhani. Di antara presentator pada sesi panel pertama adalah mahasiswa Jurusan SPI IAIN Salatiga Reno Saputra beserta dosen SPI Adif Fahrizal Arifyadiputra. Kemudian dilanjutkan sesi panel ke-2 dengan panelis Prof Syed Farid Al Attas (Singapura) yang dimoderatori oleh Nabiel Hayaze. Konferensi hari pertama ditutup dengan sesi panel ke-3 dengan panelis Dr. Huub de Jonge (Belanda) yang dimoderatori oleh Dr. Adlin Sila.

Pada tanggal 23 November presentasi dilanjutkan sesi anel ke-4 pada dengan panelis Prof. Amani Lubis dan moderator Ai Fatimah Nurfuad. Setelah itu dilanjutkan panel ke-5 dengan panelis Dr. Martin Slama (Austria) yang dimoderatori oleh M. Saifulloh Rohman. Diskusi panel diakhiri panel ke-6 dengan panelis Prof. Yasmine Zaki Shahab (Universitas Indonesia) yang dimoderatori oleh Dr. Adlin Sila. Kemudian dilanjutkan oleh serangkaian acara penutup yang dihadiri juga oleh perwakilan pihak-pihak penyelenggara konferensi internasional tersebut pada pukul 17.00 WIB.

Tersimpan di Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*