PPL Prodi IAT Di PSQ Jakarta

Mahasiswa IAT foto bersama Prof. Dr. Qureish Shihab.

Mahasiswa IAT berkesempatan PPL pada tahun ini bertempat di Pusat Studi Al qur’an yang didirikan oleh mufassir kenamaan di Indonesia yaitu Prof. Dr. qureish Shihab. Mahasiswa berkesempatan bertemu langsung dengan tokoh-tokoh yang serius dalam bidang tafsir. Berikut diantara pengajar di PSQ: Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA, Prof. H. Asep Usman Ismail, MA, Prof. Dr. Hamdani Anwar, MA, Dr. Ahsin Sakho Muhammad, MA, Dr. Khusnul Hakim,MA, Dr. Muchlis M. Hanafi, MA.

Mahasiswa yang PPL tersebut dilaksanakan selama dua minggu, yaitu dari tanggal 25 september-10 oktober 2017 berkesempatan belajar tentang I`jaz Lughawi fi Alquran, Munasabah Alquran, Visi Sosial Alquran, Peta Studi Alquran, Ilmu Qira’ah, Publik Speaking, Studi Literatur berbasis ICT. Banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama “nyantri” di PSQ. Selain di PSQ mahasiswa juga diberi kesempatan oleh Dr. Muhlis Hanafi untuk mengunjungi Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMA) belajar tentang mushaf al-Quran yang akan dicetak oleh penerbit dan percetakan berdasarkan pada mushaf standar Indonesia. Mengembangkan kajian keislaman, khususnya dalam bidang tafsir. mengumpulkan naskah-naskah/literatur kuno Alquran dari berbagai penjuru. Selain itu, di LPMA juga terdapat museum Bayt al-Quran. Didalamnya terdapat banyak naskah Alquran kuno, artefak, dan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan Alquran di Nusantara.

Mahasiswa PPL juga dilibatkan dalam aktivitas santri sehari-hari. Seperti belajar Tahsin, Tahfidz, dzikir, yasinan, sholawatan dan aktivitas/kegiatan lainnya. Sehingga secara tidak langsung membangun kekuatan emosional/mental dan kesehatan ruhani santri maupun mahasiswa. Yang tentu tidak pernah didapat dalam perkuliahan dikampus.

Tersimpan di Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*